Pages

Thursday, September 10, 2009

Kelompok Tutorialku


Jujur, saat-saat pengumuman kelompok-kelompok baru adalah hal yang aku tunggu-tunggu di kampus,,setingkat dengan keinginanku melihat pengumuman nilai blok keluar.

Setiap tahun, aku selalu penasaran. Berharap sekelompok dengan si ini lah, si anu lah..nggak mau sekelompok dengan si ini lah, si anu lah... Padahal semua itu nggak bisa diatur..tapi harapan sekedar harapan boleh dong...??


Untuk tahun ini, kriteria orang-orang yang aku harapkan menjadi teman-teman sekelompokku bertambah. Aku ingin sekelompok dengan teman-teman yang bisa memotivasiku belajar lebih giat (mengingat 'kebobrokanku' dalam belajar untuk tutorial selama ini)

Aku berharap sekelompok dengan Meta, Dian, dll.... Aku berharap demikian agar kami punya banyak waktu bersama dan bisa belajar bareng (teorinya begitu,,g tau prakteknya gmana kalau benar-benar kejadian seperti itu).


Tibalah saat sisa liburan 1 bulan lebih itu hanya tinggal 1 minggu lagi. Saat itu aku tahu bahwa sewaktu-waktu pengumuman kelompok bisa saja sudah terpampang di papan pengumuman. Tapi aku tak terlalu memikirkannya, aku hanya sibuk menyelesaikan BPO di sekre FSKI setap hari bersama Ayu. Kadang-kadang anak-anak BEM juga datang ke sekre FSKI untuk rapat, karena mereka memerlukan Ayu untuk rapat, sedangkan Ayu harus tetap disana. Silvia juga datang.

Kadang kami tetap bertahan bertiga (aku, Ayu, Sil) di sekre sampai siang. Hari itu, Sil pamit pulang duluan. Aku sama Ayu masih berkutat dengan komputer dan printer beserta kertas-kertas itu. Sekitar 10 menit kemudian Sil nge-sms "Nissa, pengumuman kelompok 06 udh ada.."

aku kaget... langsung aku telpon Sil dan nanya siapa-siapa aja teman sekelompokku. Dia bilang tunggu dulu, biar dia sms aja.


Aku lumayan deg degan menunggu sms nya. Tapi tak ada firasat apa-apa. Lalu sampailah sms nya...daftar nama-nama teman sekelompokku,,plus embel-embel kalimat di bawahnya: "...kata anak-anak 06 sih ini kelompok mautnya Nis.."



shock...


aku kaget,,aku memang mau berubah, tapi tak sebegininya kesiapanku menghadapi teman-teman kelompok baruku...


Inilah mereka:


  • Nessa Novarisa
  • Thomas Darwin
  • Heru Fajar Syaputra
  • Yanne Pradwi Efendi
  • Pratiwi Putri Masrul
  • Irhamna Yusra
  • Ridha Atifa
  • Rika Desviorita
  • Dian Pratama Putra


Senin kemarin, aku menghadapi tutorial pertamaku dengan kelompok itu. Menjelang hari itu, sudah banyak aku mendengar pendapat-pendapat teman-teman beserta istilah-istilah yang telah mereka berikan untuk kelompokku..antara lain: kelompok maut, the dream team, bahkan ada yang bilang kelompok ku itu kumpulan anak-anak 06 dengan IPK IPK tertinggi (aku rasa tidak,,rasanya ada beberapa orang lain--banyak mungkin-- yang aku tahu IPK-nya lebih tinggi dariku). Dan juga celetukan-celetukan mereka, antara lain berandai-andai kalau kami mendapat tutor dr. Darwin Amir... Huh...

Senin itu aku menjalani hari tutorial pertamaku seperti biasa, namun ada beberapa kemajuan dibanding dulu-dulu,,yaitu: aku sudah membaca skenario sebelum tutorial (walau modulku ketinggalan di sekre FSKI, aku berusaha nelpon teman nanya skenario hari Senin pagi), dan juga aku sudah mulai baca-baca dikit tentang modul ku itu (Konjungtivitis Gonore)

Pagi ke kampus, aku bertemu Heru. Aku nanya siapa tutor kami. Dan dia bilang dr. Rahmatina. Aku kaget..Ibuk itu kan PBL bgt... pikirku. Tapi Heru meyakinkan bahwa asyik tutorial dengan beliau..aku percaya...


Tibalah saatnya ke ruangan tutorial.

Rupanya di dalam sudah banyak yang datang. Dan ruangan kami dikunjungi orang-orang yang cuma melihat-lihat, lalu bergumam nggak jelas sambil ketawa, lalu pergi lagi. Yang paling sering masuk waktu itu adalah si SoSis. Entah apa yang dilihatnya, dia berkali-kali masuk ruanganku.


Suasana di dalam agak menegangkan. Kami sendiri juga bingung kenapa bisa begitu. Akhirnya ngobrol-ngobrol dulu dan mulai bercanda-canda.


Ibuk datang..

Ibuk menjelaskan bagaimana mekanisme tutorial dengan beliau. Beliau menggunakan metode 'hitung per ngomong'. Oh no....!!!

Jadi setiap ngomong akan diberi satu batang, kalau berbobot dikasih tanda check,,kalau salah dikasih tanda minus,,dan di akhir akan dikalkulasi berapa batang yang kami peroleh dan itulah nilai kami masing-masing.

Ya, aku mengerti kenapa Heru bilang asyik..



yah, tutorial berjalan..

aku cuma baca sedikit, yang aku tahu cuma superfisialnya saja dari topik skenario ini.

Heru ngomong, ditambahkan oleh Nana, ditimpali oleh Kak Yanne, ditambahkan Heru.

Thomas ngomong, Heru kurang setuju

Nana ngomong, Heru punya pendapat lain, mereka sepakat bahwa literatur yang mereka bca berbeda.

Setiap Diprat (sang ketua) mempersilahkan lanjut ke pertanyaan berikutnya, semua tunjuk tangan.

seperti itu kira-kira tutorialnya.

tapi alhamdulillah aku juga ngomong saat itu.


di akhir tutorial, Ibuk mengumumkan beberapa orang yang jumlah batangnya nggak sampai lima. Aku nggak termasuk. lumayan....



Kami keluar ruangan. Ruang lain sudah kosong. Saat keluar, beberapa orang yang masih di AB melihat ke arah kami, dan beberapa orang brtanya pertanyaan semacam "baa tadi?" atau "baa tutorialnyo?"

aku juga ditanya olh Nia dan Mira yang bertemu denganku di luar AB.


Aku bersegera ke mesjid, karena hari ini masih akan dilanjutkan dengan skill's lab.

okay....


Skill's lab nya menyenangkan..




Kamis, tutorial kedua

Sebelum tutorial aku bertemu anak-anak geng tahu di stand expo. Mereka menyemangatiku agar sukses tutorial.

Rasanya bahanku untuk tutorial kali ini sudah sangat banyak (kalau dibandingin tutorial-tutorialku terdahulu). Ternyata aku beberapa kali dibuat termenung saat tutorial karena nggak punya bahan yang mereka bicrakan.

Di akhir tutorial Buk Rahmatina memberikan kami feed back bahwa kami kebanyakan memorizing, bukan memahami. ya ya..aku mengerti dan setuju dengan pendapat Ibuk. Tapi overall, Ibuk senang dengan kelompokku ini.

Aku selesai tutorial jam 1 lewat..lagi-lagi ruangan lain sudah kosong.


Aku tidak menyesali semua ini. Kalau aku menyesalinya, mungkin aku akan memperjuangkan kepindahanku ke kelompok 11 B karena ternyata namaku juga ada di daftar absennya. Tapi tidak,, aku berharap kelompokku ini adalah yang paling tepat untukku. Semoga aku termotivasi...

Kompre...I'm coming....!!!!