Pages

Sunday, January 31, 2010

Referensi Kuliner di Padang ^_^

Berikut bisa dijadikan referensi tempat-tempat kuliner di Kota Padang. Saya jelaskan berdasarkan peringkat terbaiknya menurut saya. Mohon diperhatikan, segala tulisan di bawah bersifat sangat subjektif dan tidak terlalu representatif, karena seluruhnya pendapat saya pribadi dan selera saya benar-benar tidak variatif :)

Satu lagi, no boicott...!!


Kategori:


RESTORAN

1. ATL HW (Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk)

Disini tempatnya menu-menu ‘presto’. Tulangnya bisa dimakan. Kalau tidak salah mulai dibuka di Padang sejak tahun 2007. Bertempat di Jl. Patimura, di dekat Arbes FM Radio.

Kalau pergi makan dengan keluarga biasanya saya pesan yang ayam ‘1 ekor’, dan ngambilnya pun ditarik-tarik aja, maka rontoklah tulang-tulang ayam itu. Kalau makan dengan teman-teman (biasanya ditraktir ultah antara aku, Ayu, dan Yaya), hanya dipesan yang ‘1 potong’.

Makan ayam seperti ini berarti akan menambah asupan Ca dan Fe kita, karena kadarnya dalam tulang ayam tersebut sangat tinggi. Menu ayamnya ada yang ayam bakar, ayam goreng, dan ayam bakar/goreng wijen. Menu makanan lainnya juga ada, seperti salmon presto.

Pilihan nasi, sambal, lalap, dan minumnya juga banyak.


Menu favoritku: 1 potong ayam bakar+nasi uduk+es jeruk nipis (sstt..kombinasi antara ayam presto dan jeruk nipis sangat bagus, karena asam yang terdapat pada jeruk nipis akan meningkatkan penyerapan Fe)


2. Malabar

Berlokasi di depan Masjid Nurul Iman. Hanya dibuka malam hari, karena siangnya tempat tersebut menjadi took penjualan barang-barang rumah seperti kasur, bed, dll.

Menunya banyak, mulai dari martabak Mesir, martabak Malabar, roti cane, nasi goreng, dll. Itupun beberapa tingkatan dan aneka rasa. Dari yang biasa hingga yang special. Begitu juga dengan minumannya. Memang khasnya makanan Timur Tengah.


Menu favoritku: martabak mesir+jus jeruk.


3. Luwes

Ini merupakan restoran sederhana di jajaran toko depan Lapangan Imam Bonjol. Menunya banyak, harganya terjangkau.

Biasanya kalau pergi belanja dengan Mama atau teman-teman di pasar sekitar Matahari, sebelum pulang mampir dulu kesini.

Makanannya insyaAllah menyehatkan. Dari bihunnya aja, sayur, wortelnya banyak sekali. Bumbunya juga sepertinya tidak pakai MSG, tapi bumbu tradisional yang diracik sedemikian rupa.


Menu favoritku: soto ayam+es jeruk. Soto ayamnya pakai kerupuk kentang, tidak berminyak, dan lezaatt…. J

4. Taman Sari

Dulu waktu masih kecil, ini merupakan tempat makan favorit keluarga. Setiap di keluarga ada yang milad, selalu makan disini. Namun, semakin beranjak dewasa dan beraneka ragamnya aktivitas anak-anak Mama-Papa, perayaan milad di keluarga pun semakin minim, palingan cuma beli makanan lalu dimakan di rumah.

Tapi, beberapa bulan lalu kami makan lagi disini. Banyak sekali perubahan, terutama soal harga,,mahal bgt…. -_-‘

Kalau soal menu, banyak sekali…kebanyakan menu-menu makanan modern. Dari nasi goreng sampai steak ada. Apalagi minumannya, segala bentuk jus, es kelapa muda (bnr-bnr dihidangkan pakai kelapa), es Cianjur, es krim, es duren,minuman hangat, dll.


Menu favoritku: tidak berani bilang menu favorit, udh jarang sekali kesini. Udh lupa rasa menu-menu yang lain.


5. Hau’s Tea

Kalau kesini lebih sering ditraktir daripada bayar sendiri. Pesan sepuasnya yang disuka. Dan akibatnya, sewaktu pergi tanpa ditraktir, terkaget-kaget dengan mahalnya… *_*

Desain interior tempanya minimalis dan modern. Setahu saya di Padang ada dua lokasi, di dekat Taman Melati dan di dekat Masjid Nurul Iman.

Menu juga banyak. Segala jenis Pitta, Nasi+Chicken Katsu/Chicken Crispy/Ayam Goreng, hotplate, Chicken/Beef Steak, French Fries, spaghetti, dll. Minuman dan desert nya juga variatif.


Menu favoritku: Chicken Steak hotplate..enak, karena ada kentangnya. Tapi jujur, emang nggak sanggup makan sering-sering disini. Kalau sekali tiga bulan (kalau emng harus), boleh lah..

RUMAH MAKAN


1. Lamun Ombak

Keunggulannya, rasanya memang enak.

Minumannya juga enak,,harga…saya tak tahu. Karena belum pernah makan disini yang bayar sendiri…


2. Warteg sebelah Sari Anggrek

Waktu itu pernah coba makan disini waktu ngantar Mama pergi periksa ke Dr. Yerizal Karani di Patimura. Aku yang kelaparan disuruh Mama cari makan. Dan makanalh di warteg ini, sendirian. Ternyata..enaaaakkkk… waktu itu makan pakai ayam gulai (sambal kesukaanku kalau makan di rumah makan),,hmm…pas rasanya.. ^_^


3. Semalam Suntuk

Ini rumah makan yang buka sepanjang malam. Sebenarnya lauknya yang aku suka cuma satu, yaitu dendengnya. Cabenya enak…hhe


4. Mak Etek

Ini tempat makan pilihan kalau makan di jam kampus. Walaupun banyak yang mengeluhkan sambal disini manis-manis (kurang pedas_red), tapi gak pa pa lah.. Tempe bacemnya juga enak.


MAKANAN RINGAN


1. Hoya Bakery

Berlokasi di Pondok, Kampung Cina. Alhamdulillah g ikut roboh bersama bangunan-bangunan disana sewaktu gempa kemarin.

Sebagai penggemar (penggila_red) cokelat, ini adalah tempat kesukaanku. Tapi tak bisa juga sering-sering beli roti disini, bisa bangkrut.Sampai-sampai aku bercita-cita punya took bakery juga suatu saat nanti, disamping percetakan,,hhe…

Gak hanya roti aneka rasa, disini juga ada cake, tart, pudding, bakpao, dan cemilan-cemilan lainnya. Mau makan disini juga bisa, tersedia minuman-minuman yang harganya lumayan terjangkau.


2. Es Rumput Laut (klau g salah namanya …Mutiara)

Berlokasi di Jl. Patimura yang dekat Sari Anggreknya. Penjualnya seorang Bapak-bapak yang sudah tua, dan sudah kenal dengan aku dan teman-teman, kadang bercerita tentang kehidupannya kalau pembeli sedang g rame.

Es rumput lautnya lebih enak daripada beberapa es rumput lain yang sudah aku coba sepanjang Jl. Patimura itu. Harganyapun lebih murah. Saat penjual lain menjual Rp4.000,00 seporsi, disini cuma Rp 3.000,00. Tapi sekarang harganya Rp 4.000,00, sedangkan penjual lain menjual seharga Rp 5.000,00.


3. Enhaii

Ini baru dibuka beberapa bulan ini. Menu utamanya adalah Soerabi Bandoeng. Awalnya aku kira serabinya yang pakai kuah seperti serabi di Padang, ternyata lebih mirip serabi di kampungku.

Kurang tepat juga sih jika dimasukkan dalam kategori ‘makanan ringan’, karena 1 porsi aja bikin kenyang bgt.

Serabinya aneka isi, ditambah fla, keju, durian, dan banyak lagi. Menu lain juga ada seperti kwe tiaw, nasi goreng, dll.

Satu lagi kelebihannya waktu aku kesana, musik yang diputar adalah nasyid. Senang \(^_^)/


4. Martabak Bandung Ratulangi
dari sekian banyak penjual martabak Bandung, ini adalah favoritku. Lebih enak, percayalah….
J




Btw, ada makanan spesial juga, walau belum ada tempat khususnya. Yaitu, Lotek Buk Tik. Berlokasi disebelah rumahku. Murah, dan enaakkk....

14 comments:

ghavacerro said...

ichaaa....
kalau ga taragak lotek buk tik nyo tu haaa
terakhir ga makan pas nio barangkek ka bandung smstr duo...
hiks,,,hiks...

ntarlah maret ga pupuah yoh
traktiiiiir OK..OK my sista...
hihiiii hore dtraktirr

emilia90 said...

oke Ga,,insyaAllah..
cuma sepiring kan..??
boleh lah klau begitu... ^_^

Unknown said...

Ada lagi kak Nis....Udah nyoba ke Apmi?Pondok steak proklamasi yg di tarandam...Trus juga ada Batagor ihsan,,hmpir sama dg enhaii cuma mkanan spesifikx btagor,syomai,dkk.,

kim golden jg enak kak,ayam kriuknya...
Yp trkenal satu lagi cafe mayot dkt jln bundo kanduang=tp kyagnya lg msa perbaikan...
Wah...Sama2 pecinta wisata kuliner kita,hehe =)

emilia90 said...

Apmi sm cafe mayot blm cb Ainy..
Kalau batagor Ihsan udah..mahal bgt batagornya, trus banyak tahunya, Kakak kan g suka tahu..hhe

Kim Golden jg. Menu favorit emng ayam krek-krek+bihun gorengnya..walau berminyak bgt.. Lupa Kakak masukin itu ke referensi disini..

hhe..iya ya, aplg sejak g ada tmpat jalan2 di Padang, cm wisata kulinerlah yg tersisa

benny said...

batagor ihsan... aku teringat si ayu...hehe, air putih akhirnya jadi pilihan setelah tak mendapat minuman seperti jus...

micelia amalia sari said...

setuju kak, hau's tea mahal beud...
ngeliat menunya aja udah beraddd...
untung di traktir
tp abis tu ga sanggup lagi asal milih menu aja kak, porsinya gede bgd, ga sanggup ngabisin, hehehe

recommended : menu di hau's tea yg enak tu beef steak crispy + spagetti trus cordon blue, enak..enak..enak..

oia, ada tempat makan ice cream (ice makan ice, hehe) di andalas kak, 'siska pantry',ga terlalu mencolok tempatnya, tp org bnyk yg tau kok,di sana juga ada makanan selain es krim, tapi jangan makan es krimnya sendirian, porsinya bikin eneg kalo dipaksa makan sendiri ampe abis, banyak bgt, tapi sebenernya es krimnya enak bgt kok...

emilia90 said...

Benny: iya, dia juga malu kalau diingatkn soal itu..


Ice: Kakak udh cb tu Ce, yg di andalas, lumayan sering. Tp bnr, walau suka yg manis-manis, ttp eneg kalau dimakan sendiri..biasanya jd konsumsi kalau Liqo-an, smntara materi ttp mkn es krim..hhe

anonim said...

materi Liqoan? materinya di t4 es krim tu??

es crimnya es krim campina kan?

emilia90 said...

siapa ni yg anonim? kyknya tau dh, Yusuf er Rahimi ya?

bukan, dibeli, trus dibungkus. Sementara Kakaknya ngasih materi, makan es krim nya jg lanjut.
Gak tau itu campina atau apa, kyknya bikin sendiri dh, kan bikin es krim g susah2 bgt..

silenceismymiddlename said...

tega budok.......fi kan jadi kepengen makan di haus tea.......hehehe....

Unknown said...

Afwan, kalo bubur ayam...ada yang tau? Di mana ada???

Andy

emilia90 said...

baru baca komen fifi x_x
Fifi: makanlah Fii...kan Fi d padang kan?? hhe

Andy: dimana ya...kurang tahu saya referensi bubur ayam yg enak

Bromo Travelling said...

artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

Padi City Resort said...

Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)