Pages

Sunday, November 17, 2013

Diary Umroh 3: Ziarah Madinah

Alhamdulillah diberi kesempatan untuk berkeliling Kota Madinah pada hari Selasa, 19 Februari 2013. Kami berangkat dari hotel pada pukul 08.00 WSA menggunakan bus. 

Tujuan pertama adalah Masjid Quba. Masjid pertama yang didirikan Rasulullah, saat beliau berhijrah dari Makkah ke Madinah. Dalam perjalanan kesana, kami melewati sebuah tempat yang dari kejauhan hanya terlihat seperti tanah lapang yang dikelilingi pagar tembok. Muthawwif kemudian menjelaskan, itu adalah makam Baqi, tempat pekuburan warga Madinah termasuk jamaah haji dan umroh yang meninggal saat di berada di Madinah. Disana juga dikuburkan para istri Rasul (kecuali Siti Khadijah dan Maimunah), para sahabat, dan ribuan syuhada'. Banyak jamaah haji dan umroh berharap bisa dikuburkan disana, dikarenakan kemuliaannya.
Abdullah bin Dinar meriwayatkan dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda, “Akulah manusia pertama yang akan keluar dari bumi, kemudian Abu Bakar, Umar, lalu penghuni Baqi’ dan mereka dihimpun bersamaku. Lantas, aku menunggu penduduk Makkah sehingga aku berkumpul dengan mereka di antara Dua Tanah Suci.” (HR. At-Tirmidzi)

Kami terus melanjutkan perjalanan ke Masjid Quba. Muthawwif kembali menceritakan kemuliaan-kemuliaan yang dimiliki Masjid ini. 

Shalat di masjid Quba memiliki keutamaan. Menurut Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhum, ia pernah mendengar Rasulullah Shalallahu'Alaihi Wassalam bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.( HR. Tirmizi no. 298. Ibnu Majah no. 1401)

Subhanallah..alhamdulillah kami dapat melaksanakannya :)
Dan lagi-lagi, masjidnya benar-benar indah 




saya, Papa, Mama dan keluarga dr. Rivai, SpB