Pages

Saturday, February 28, 2009

Autis

Di acara kick andy semalam, ada seorang anak bernama Kharisma Rizky yang merupakan seorang autis. Tp orang tuanya mampu mengarahkannya dari saat dia masih kecil. Sehingga kekurangannya itu bisa disulap menjadi kelebihannya yang sangat mengagumkan.


Tapi aku juga curiga apa dia benar-benar autis atau kelainan lain, yaitu ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).. mungkin karena dia terlihat hiperaktif, terbukti dari prestasinya mencetak rekor menyanyikan 250 lagu dalam sehari...Tp entahlah..


Di tayangan itu tidak terlalu terlihat lagi ciri-ciri autisnya..ciri-ciri autis itu antara lain:



  • menghindari kontak mata

  • bermain secara aneh dan suka mengulang-ulang suatu kegiatan

  • membeo kata/kalimat (ekolali)

  • keterikatan terhadap benda-benda tertentu

  • respons tidak sesuai

ada banyak lagi,, tapi mungkin yang terlihat semalam hanya dia agak melakukan gerakan lain, seperti sering melihat ke atas. Tapi dia bisa merespon Andy F. Noya dengan baik dan juga melakukan kontak mata. Tentang keterikatan pada suatu benda, seorang anak autis memang mengalaminya. Mereka memiliki daya fokus yang sangat tinggi pada suatu hal. Misalnya saja, ia sangat tertarik dengan sebuah roda sepeda, maka dia bisa duduk di sebelah roda tersebut dalam beberapa jam hanya untuk memperhatikannya. Itu juga mungkin yang terjadi pada Kharisma Rizky..otaknya bisa menghafal sedemikian rupa dan mudahnya mungkin karena kemampuannya untuk fokus itu...subhanallah...


di tayangan juga terlihat bagaimana ia di sekolah. Guru anak autis memang harus duduk mengajar berhadapan dengan muridnya, dengan kontak mata..




wallaahu'alam