Pages

Monday, February 9, 2009

ujian PBL fk unand

sudah lama aku berpikir tentang hal ini,,apa sehat keadaan pisokologis mahasiswa yang fluktuatif seperti ini? seperti sekarang, minggu ujian, tentunya kadar kortisol ataupun hormon stres yang lain akan meningkat, lalu setelah itu akan menurun drastis saat ujian hari kedua usai. Memasuki minggu pertama blok berikutnya, semua masih normal,minggu kedua, masih normal. Minggu ketiga akan ada sedikit peningkatan karena biasanya ada ujian skills lab. Belum lagi fluktuasi kecil-kecilan 2 kali seminggu dengan adanya tutorial (tergantung tutornya siapa juga sih sebenarnya...). Lalu minggu keempat, mulai ngumpulin bahan kuliah, minggu kelima, mingu keenam, kadar kortisol dan adrenalin itu akan meningkat kembali.

Apalagi bagi mahasiswa yang benar-benar SO alias study oriented, dan juga tidak rajin berolahraga. mereka hanya berkutat dengan buku dan tak tau dunia luar. Kalau yang berorganisasi, mereka masih punya kegiatan lain sebagai pengalihan dari rutinitas selama bertahun-tahun tersebut. Bagi yang tak berolahraga, elastisitas pembuluh darah mereka pun akan sangat berkurang dan akan sangat berisiko untuk terjadi aterosklerosis. Jadi, kalaupun kita pintar dan memperoleh nilai tinggi, apa gunanya kalau nanti di usia 40 tahun kita sudah terdiagnosa sakit jantung, DM, atau penyakit-penyakit degeneratif lainnya??

duh, sudah mulai aneh-aneh tulisanku. Intinya, aku ingin semua mahasiswa fk, khususnya fk unand, sehat fisik juga psikis. Karena kita yang akan diberikan amanah menyehatkan orang-orang sekitar kita nanti (insyaAllah). Untuk itu, kita harus lebih dahulu menyehatkan diri kita bukan??

ayo rajin olahraga, minimal 3 kali seminggu, @ lebih kuang 30 menit. Ikut aja main badminton bersamaku dan beberapa teman lain setiap minggu, yang cowok juga main kok...(tp beda jadwal tentunya dengan cewek)

1 comment:

Anonymous said...

gitu ya... mari olahraga!!!